Saturday, December 31, 2016

Perbedaan Format Html Rich Snipets

Perbedaan format html rich snipets
Dalam pembuatan rich snipets ada perbedaan-perbedaan yang harus diperhatikan terutama oleh para blogger yang berniat untuk menampilkan rich snipets pada search engine google.

Perbedaan format html rich snipets yang akan saya bahas ini merupakan perbedaan yang mengacu pada html mark up ,dalam bahasa sederhananya dalam format html seperti yang ada dalam editor template blogger. Sebenarnya ada satu cara lagi untuk menandakan suatu data menjadi rich snipets yaitu data highlighter yang dalam prosesnya hanya memerlukan klik dan drop. Dikarenakan proses data highlighter sampai saat ini masih belum mendukung dalam bahasa selain inggris, jadi tidak akan saya bahas lebih lanjut, Anda bisa mencari sendiri penjabaran data highlighter melalui pencarian google.

Seperti yang sudah saya beritahukan kepada Anda dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul "Tentang rich snipets", bahwa ada 3 metode format penekanan data agar dikenal sebagai rich snipets serta dapat diterima oleh google yaitu, microdata, microformats, dan RDFa. Dan disini saya memberikan sedikit gambaran mengenai detail lebih lanjut ketiga format tersebut. Ketiga format yang sudah saya beritahukan tadi dalam prosesnya hanyalah sebagai upaya pemberian deskripsi secara lebih spesifik dalam data yang kita buat. Sebagai contoh saya akan memberikan data berupa sebuah artikel singkat beserta judulnya di bawah ini.

Judul : Optimasi Seo Dari Matt Cuts
Isi : Beberapa cara dilakukan dalam optimasi seo diantaranya datang dari Matt Cuts yaitu pemberian title pada satu halaman tidak melebihi satu.
Perhatikan data artikel singkat saya di atas yang berisikan tentang cara optimasi seo dari Matt Cuts. Kalau kita lihat bahwa isi dari artikel tersebut hanyalah memiliki deskripsi umum tanpa memiliki sebuah deskripsi lebih spesifik. Nah disinilah pentingnya sebuah rich snipets untuk memberikan data yang lebih spesifik. Sebagai contoh penerapan data yang lebih spesifik dari data artikel di atas :

Judul : Optimasi Seo Dari Matt Cuts
Isi : Beberapa cara dilakukan dalam optimasi seo diantaranya datang dari Matt Cuts ( ahli web spam google ) yaitu pemberian title pada satu halaman tidak melebihi satu.
Nah, sudah jelaskan perbedaannya. Perhatikan kata yang saya buat miring yang saya tujukan untuk  memberikan sebuah data spesifik mengenai seorang Matt Cuts. Kalau menurut kita sebagai pembaca artikel singkat di atas pasti tahu bahwa kata-kata "ahli web spam google" menunjukkan sebuah pekerjaan atau profesi dari Matt Cuts. Itu kalau menurut kita, sekarang pertanyaannya apakah mesin pencari semacam google memperhatikan lebih spesifik lagi tentang Matt Cuts. Jawabannya pasti tidak, karena google hanya memperhatikan judul dan isi atau deskripsi artikel saja. Oleh karena itu diperlukan format html agar google bisa membaca "Matt Cuts (ahli web spam google)" sebagai data yang lebih spesifik dan caranya adalah dengan format html rich snipets.

Sekarang mari kita bahas tentang perbedaan rich snipets dalam masing-masing format, namun sebelumnya saya beritahukan format html biasa tanpa rich snipets

<title>Optimasi Seo Dari Matt Cuts</title>
<div id="article">
Beberapa cara dilakukan dalam optimasi seo diantaranya datang dari Matt Cuts ( ahli web spam google ) yaitu pemberian title pada satu halaman tidak melebihi satu.
</div>
Format Html Microdata
Format html microdata untuk rich snipets bisa dimulai dengan <div> <span> atau <ul>. Perhatikan format html microdata di bawah ini berdasarkan artikel singkat di atas.

Pertama menggunakan type dari "data-vocabulary.org"

<title>Optimasi Seo Dari Matt Cuts</title>
<div id="article">
Beberapa cara dilakukan dalam optimasi seo diantaranya datang dari
<div itemscope itemtype="http://data-vocabulary.org/Person">
<span itemprop="name">
Matt Cuts
</span> 
(<span itemprop="title">
ahli web spam google 
</span>)
</div>
yaitu pemberian title pada satu halaman tidak melebihi satu.
</div>
Yang kedua tipe microdata dari "schema.org

<title>Optimasi Seo Dari Matt Cuts</title>
<div id="article">
Beberapa cara dilakukan dalam optimasi seo diantaranya datang dari
<div itemscope itemtype="http://schema.org/Person">
<span itemprop="name">
Matt Cuts
</span> 
(<span itemprop="jobTitle">
ahli web spam google 
</span>)
</div>
yaitu pemberian title pada satu halaman tidak melebihi satu.
</div>
Perhatikan format html rich snipets diatas. Dari dua format baik data-vocabulary.org maupun schema.org saya memberi warna biru yang ada tulisan "itemscope" menandakan bahwa data tersebut merupakan item yang sedang dibuat rich snipets dan tulisan "itemtype="http://data-vocabulary.org/Person" merupakan tipe item yang dibahas (saya menggunakan tipe Person karena sedang membahas orang). Ada banyak itemtype dalam schema.org yang bisa Anda lihatdisini. Sedangkan itemprop="name" dan itemprop="jobTitle" menandakan properties item yang sedang dibahas, name merupakan nama, jobTitle merupakan pekerjaan atau profesi. Ok, sampai disini sudah jelas kan bentuk format html rich snipets menggunakan microdata. 

Format Html Microformats
Sama seperti microdata, format html microformat untuk rich snipets bisa dimulai dengan <div> <span> atau <ul>. Di bawah ini merupakan format html microformats dari artikel singkat di atas. 

<title>Optimasi Seo Dari Matt Cuts</title>
<div id="article">
Beberapa cara dilakukan dalam optimasi seo diantaranya datang dari
<div class="vcard">
<span class="fn">
Matt Cuts
</span> 
(<span class="title">
ahli web spam google 
</span>)
</div>
yaitu pemberian title pada satu halaman tidak melebihi satu.
</div>
Merujuk pada format microformats di atas, yang saya beri warna biru dengan tulisan "vcard" itu menunjukkan spesifikasi dari item yang dibuat rich snipets. Vcard adalah spesifikasi khusus orang atau organisasi didasarkan pada hcard microformats, spesifikasi lengkap lihat di wikiformats. Sedangkan <span class="fn"> dan <span class="title"> menunjukkan properti dari item yang dibahas, fn menunjukkan nama, title menunjukkan pekerjaan. Untuk format microformats sendiri dapat kita temukan langsung melalui editor html blogger, karena blogger menggunakan microformats sebagai editornya

Format Html RDFa
Format html RDFa untuk rich snipets juga sama dengan kedua format sebelumnya dan bisa dimulai dengan <div> <span> atau <ul>. Untuk contoh penggunaanya berdasar artikel di atas sebagai berikut 

<title>Optimasi Seo Dari Matt Cuts</title>
<div id="article">
Beberapa cara dilakukan dalam optimasi seo diantaranya datang dari
<div xmlns:v="http://rdf.data-vocabulary.org/#" typeof="v:Person">
<span property="v:name">
Matt Cuts
</span> 
(<span property="v:title">
ahli web spam google 
</span>)
</div>
yaitu pemberian title pada satu halaman tidak melebihi satu.
</div>
Pada format html di atas terlihat jelas bahwa terdapat perbedaan dibanding 2 format sebelumnya. Format <div xmlns:v="http://rdf.data-vocabulary.org/#" typeof="v:Person"> menunjukkan sebuah namespace yang digunakan untuk memberi mark up item untuk dijadikan rich snipets. typeof="v:Person" mengindikasikan bahwa item yang dibahas merupakan orang. Dalam format di atas juga terdapat propertis dari item yang dibahas, disana tertulis property="v:name" dan property="v:title" menunjukkan nama dan pekerjaan. 

Catatan penting dalam format html rich snipets
  • Jangan sampai salah dalam melakukan mark up konten, karena tidak akan terbaca oleh mesin penelusur.
  • Semua konten yang ingin dijadikan rich snipets, entah itu review, breadcrumbs, atau seseorang jangan sampai disembunyikan (no hiden content) karena google tidak akan menampilkan rich snipets tersebut pada hasil pencarian walaupun muncul pada rich snipets testing tool.
  • Dari beberapa format html rich snipets di atas, direkomendasikan untuk memakai format microdata yang bertipe dari schema.org dikarenakan dapat terbaca oleh beberapa search engine sekaligus (Google, Yahoo, Bing, Microsoft, dan Yandex). Beberapa search engine besar sudah berkolaborasi untuk menggunakan Schema.org sejak juni 2011.

No comments:
Write comments